majakani

Minuman sehat jahe cacing- Pasti sudah terbiasa mendengar berita jika cacing tanah merupakan hewan dengan kandungan protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun, bentuk dan baunya membuat orang sering kali merasa jijik sehingga orang enggan bahkan tidak mau mengkonsumsinya.

Untuk mengatasi hal tersebut, lima mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan minuman sehat menyehatkan yang diberi nama Serbuk Luru Jawa. Perpaduan bahan baku yang unik dan akan menarik perhatian masyarakat untuk mau untuk mengkonsumsi cacing tanah.

Tim yang terdiri Supriyanti dan Deni Setyarti dari Jurusan Pendidikan Matematika UNY, serta Sri Rahayu, Ni'matu Sholikhah, dan Muhammad Fatkhul D dari Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan ini, mencampurkan cacing tanah ke dalam bubuk jahe yang ditambah gula.

Menurut Supriyanti, hal ini terinspirasi dari kegemaran masyarakat mengkonsumsi minuman sehat bandrek untuk menghangatkan tubuh. "Karena sebagian besar orang suka minum wedang jahe, adanya inovasi ramuan cacing tanah dengan bubuk jahe ini, pasti akan disukai orang sebagai alternatif obat alami untuk mencegah berbagai penyakit," katanya. Demikian dikutip dari laman UNY, Rabu (10/8/2011).

Deni Setyarti mengungkapkan, cacing tanah sebagai bahan baku utama diubah menjadi serbuk layaknya bubuk kopi. Kemudian dicampurkan dengan serbuk jahe untuk penambah rasa dan aroma. "Ini agar orang-orang tidak merasa jijik untuk mengkonsumsinya," ujar Deni menambahkan.

Dari tiga kilogram (kg) cacing hidup, lanjut Deni, bisa menghasilkan satu kg serbuk cacing. Sementara dua kg jahe segar akan menghasilkan satu kg serbuk jahe kering. Kemudian keduanya dicampurkan dengan delapan kg gula pasir.

"Dari ramuan ini, kita bisa menghasilkan enak kg serbuk minuman yang siap dikemas dalam 400 bungkus dengan komposisi 2,5 gram (gr), 2,5 gr serbuk jahe, dan 20 gr gula pasir," kata Deni menjelaskan.

Cara pembuatannya yang cukup sederhana, memudahkan masyarakat awam yang ingin meramu sendiri minuman sehat menyehatkan ini. "Cara membuatnya, cacing dicuci sampai bersih kemudian dikeringkan sampai benar-benar kering lalu digiling menjadi tepung atau serbuk. 
Sedangkan pembuatan serbuk jahe diawali dengan mencuci jahe sampai bersih kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur di bawah terik matahari sampai kering kemudian digiling menjadi tepung atau serbuk," tutur anggota lainnya, Ni'matu Sholikhah. Terakhir, tambahkan gula sesuai selera pembuat. Kemudian aduk rata.(rhs)

0 komentar:

Posting Komentar